Arti Kata Sampurasun Dalam Bahasa Sunda

Oke Halo-halo semuanya kembali lagi di web kesayangan anda yaitu sampurasun.com, pada pembahasan kali ini akan sedikit berbeda dari sebelumnya. Mimin sampurasun kali ini tidak akan memberikan rekomendasi produk atau mereview sebuah produk ya sobat sampurasun. Namun, pada pembahasan kali ini mimin akan membawakan hal yang menarik untuk dibahas bersama yaitu arti dari kata “SAMPURASUN” dalam bahasa sunda dan seperti yang kalian ketahui nama dari web ini yaitu sampurasun. Jadi apa itu arti kata sampurasun?

Mengutip dari beberapa sumber, bahwa kata “sampurasun” sendiri dalam bahasa sunda terdapat beberapa versi dan biasanya digunakan untuk ungkapan bertegur sapa yang sering dipergunakan oleh masyarakat sunda di wilayah jawa barat. Kemudian ketika ada orang yang mengucapkan kata tersebut maka respon atau jawaban yang biasa diucapkan yaitu rampes.

Berikutnya arti dari kata sampurasun sendiri apa sih?

Dari bahasa sansakerta, dijelaskan bahwa kata sampurasun itu sebenarnya terdiri dari tiga kata yaitu: sampura atau hampura juga samprana yang memiliki arti sempurna, kemudian dari kata sampurasun pada bagian akhirannya yaitu sun yang berasal dari kata ning insun. Kemudian arti pertama kata “sampurasun” memiliki arti memohon maaf, sebagaimana kata ini mirip dengan istilah “hampura” jika dalam bahasa sunda. Permohonan maaf ini biasa diucapkan atau digunakan pada saat masyarakat sunda bertegur sapa dan bisa juga diucapkan untuk para hadirin untuk meminta maaf sebelum memulai percakapan atau acara. Selanjutnya sampurasun juga bisa berarti “maafkan saya” sebagai kata pembuka pada saat membuka acara, sedangkan untuk kata rampes sendiri jawaban para hadirin yang memiliki arti “iya saya maafkan”.

Selain untuk mengungkapkan permohonan maaf, kata sampurasun juga memiliki arti kerendahan hati seorang manusia yang saling mendoakan untuk menuju jalan kesempurnaan. Jika ditinjau lebih dalam lagi, sampurasun merupakan penggalan dari sebuah istilah sampura atau samprana dan dalam penyebutan sunda, kalimat ini memiliki arti sempurna. Istilah ini diambil dari sebuah kalimat yang berbunyi “sampura ning insun” yang memiliki arti sempurnakan diri anda. Jadi makna dari kata tersebut adalah untuk menyempurnakan diri dalam berbagai aspek, kemudian jawaban atau kata rampes sendiri merupakan bentuk ekspresi mengiyakan.

Kemudian, sampurasun juga juga bisa diartikan sebagai ucapan keselamatan, “semoga ketentraman senantiasa menaungi kita” atau “sejahtera atau selamat”. Dan untuk arti ketiga ini lebih sering digunakan atau diucapkan oleh orang-orang yang lebih paham akan budaya sunda itu sendiri, dikarenakan terdapat tamabahan kata untuk menjawab sapaan tersebut. Untuk jawabannya yaitu “rampes mugia rahayu sagung dumadi” yang artinya ini “iya, demikian juga dengan anda” dan rahayu berarti ketentraman, kedamaian senantiasa menaungi kita. Ini menandakan jika kata sampurasun itu sangat mirip dengan ucapan Assalamualaikum dalam agama islam.

Sebagai akhir dari pembahasan bisa disimpulkan bahwa kata sampurasun yang biasa digunakan oleh masyarakat sunda dalam bertegur sapa ini memiliki kemiripan dengan kata assalamualaikum dalam agama islam. Makna dari kata sampurasun sendiri sangat positif dan ini merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan oleh kita semua. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan istilah “sampurasun” sendiri dan salah satunya dengan digunakannya dalam menyampaikan salam pembuka ketika samputan acara atau bertegur sapa dalam kehidupan sehari-hari.

Jika menurut salah satu tokoh asal jawa barat “Lamun lain ku urang sunda, bade kusaha deui” atau jika kita artikan dalam bahasa indonesia yaitu kalau buka sama orang sunda, mau sama siapa lagi. Nah itulah pemirsa setia sampurasun arti kata sampurasun, semoga bisa menambah pengetahuan sobat sampurasun semuanya. Mimin pamit undur diri, sampai jumpa dipembahasan yang lain.